Lebak Selatan Dinyatakan Endemis Malaria

7:29 PM
lebak selatan endemis malaria

wartarangkas, Kesehatan,-- Ini berita dari bantenraya.com bahwa dinyatakan dala berita tersebut bahwa 6 kecamatan yang dinyatakan sebagai endemis Malaria oleh Dinkes (Dinas Kesehatan) Kabupaten Lebak, diantarnya yaitu: Kecamatan Malingping, Panggarangan, Bayah, Wanassalam, Cihara dan Cilograng.

Sesuai dengan data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Lebak bahwa ditahun ini ada 23 kasus malaria, 19 kasus diantaranya berasal dari Kecamatan Bayah.

Malaria ini adalah penyakit yang disebabkan oleh nyamuk yang bernama Anopheles, memang nyamuk ini berkembang biak di lokasi lagun, sisa air laut yang menggenang, jadi daerah pesisir yang ada di Kabupaten Lebak menjadi sasaran dari nyamuk anopehles ini.

Dalam hal ini Dinkes sudah mengambil inisiatif dan memberikan kelambu yang anti nyamuk anopheles ini, yaitu pemberian kelambu yang berinsektisida sehingga warga dapat terhindar dari gigitan nyamuk malaria ini, menurut Kepala Dinkes HM. Sukirman, warga yang ada dipesisir telah diberikan masing-masing kelambu ini untuk tidur.

Selain memberikan kelambu yang berinsektisida, Dinkes juga melakukan pemasangan altosid untuk memberantas nyamuk si beberapa titik lagon dan air yang mengalir. Selain itu ada petugas yang ditugaskan untuk pelatihan di Kementerian Kesehatan RI untuk mengikuti pelatihan tentang pencegahan malaria ini.

Jadi dihimbau kepada warga yang tinggal dipesisir agar dapat menjaga kebersihan dan dapat juga mencegah penyebaran nyamuk malaria ini dengan melaporkan pada pusat kesehatan di masing-masing wilayah. Mari kita mencegah penyakit malaria ini, daripada mengobati lebih baik mencegahnya.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »